Cara Mengatasi Bayi Susah Makan MPASI 9 Bulan

Mecialis – Saat bayi mulai diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI, itulah saatnya seorang ibu akan berjuang. Ya, mengenalkan makanan baru kepada si kecil memang butuh perjuangan. Hal ini dikarenakan menu MPASI 9 bulan yang diberikan belum tentu bisa dimakan dengan lahap oleh bayi. Jika memang lahap, tentu Anda pasti bersyukur. Namun, bagaimana jika yang terjadi sebaliknya?

Nah, inilah yang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua saat hendak memberikan MPASI kepada bayi mereka. Sebagaimana diketahui, MPASI adalah makanan penunjang yang diberikan dengan tujuan memaksimalkan perkembangan bayi dan menjaga kesehatan bayi dengan lebih baik.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara bagaimana agar bayi menjadi lebih mudah menerima MPASI dan mereka akan lebih lahap untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Nah, penasaran apa yang harus dilakukan untuk membuat bayi Anda lahap dalam mengkonsumsi MPASI? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

mpasi 9 bulan

Tips Mengatasi Bayi yang Susah Makan MPASI

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi Anda lebih lahap mengkonsumsi MPASI. Dengan bayi yang semakin lahap, tentu aja Anda akan merasa senang karena kondisi bayi bisa lebih terjaga dan sehat.

Nah, adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi yang kurang lahap dalam mengkonsumsi MPASI adalah sebagai berikut:

1. Makan hanya saat lapar

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh seorang ibu adalah mereka langsung memberikan susu atau ASI saat bayi lapar. Hal ini seringkali dilakukan karena susu tergolong lebih praktis. Padahal, saat masa pemberian MPASI, memberikan susu justru akan membuat bayi merasa kenyang dan akan menolak MPASI yang Anda berikan.

Oleh karena itu, pada saat bayi lapar, maka pertimbangkan untuk memberinya MPASI. Hal inilah yang akan membuat bayi lahap dalam mengkonsumsi MPASI. Selain itu, harus disadari pula bahwa pemberian ASI sebaiknya dikurangi ketika bayi sudah mulai mendapatkan MPASI.

2. Berikan ruang eksplorasi

Hal lain yang bisa dilakukan agar bayi lebih lahap dalam mengkonsumsi MPASI adalah berikan ruang eksplorasi. Maksud dari poin ini adalah Anda sebaiknya memberikan aneka menu MPASI 9 bulan. Ya, memberikan beragam jenis menu adalah salah satu langkah eksplorasi yang dilakukan. Langkah ini bertujuan untuk mencari mana menu yang disukai oleh bayi.

Beberapa bayi memiliki kecenderungan menyukai makanan tertentu. Oleh karena itu, adalah tugas dari orang tua untuk mencari tahu mana menu makanan yang mereka sukai. Jika ditemukan, tentu saja Anda bisa membuatkannya untuk bayi Anda dan ia akan lahap saat mengkonsumsi MPASI tersebut.

3. Batasi durasi makan

Untuk membuat bayi lahap dalam mengkonsumsi MPASI, hal lain yang perlu diperhatikan adalah membatasi durasi makan. Ya, bayi akan sangat sensitif terhadap batasan durasi makan karena adanya keterbatasan pada sistem pencernaan mereka. Lalu, bagaimana dengan batasan durasi makan ini?

Nah, untuk memberikan menu MPASI 9 bulan, ada baiknya jika Anda tidak memaksakan diri untuk memberikan MPASI dalam waktu yang lama. Dalam 30 menit, tubuh akan memberikan sinyal yang mengatur rasa kenyang pada otak. Oleh karena itu, pastikan sebelum 30 menit, Anda sudah memberikan MPASI terbaik kepada bayi Anda.

Nah, beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan agar bayi Anda lahap saat mengkonsumsi MPASI yang Anda berikan. Untuk rekomendasi menu MPASI 9 bulan terbaik, maka Anda bisa mengklik laman https://www.generasimaju.co.id/resep-mpasi-9-bulan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *