Dapatkan Perawatan Rambut Rontok dengan Kebiasaan Sepele Ini

Mecialis – Rambut membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa terhindar dari berbagai macam masalah. Sayangnya, masih banyak kebiasaan salah yang dilakukan orang-orang dalam merawat rambut. Oleh karena itu, kita harus tahu bagaimana perawatan rambut rontok yang tepat dengan mengubah kebiasaan salah ini.

perawatan rambut rontok

1. Mengurai Rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, mungkin sering mengikatnya karena merasa gerah atau ketika melakukan aktivitas tertentu, seperti mandi, memasak, mencuci, olahraga dan lainnya. Menguncir secara erat dengan karet ini bisa menyebabkan kerontokan pada rambut sehingga sebisa mungkin harus dihindari.

Tidak ada salahnya jika Anda mulai membiasakan diri untuk mengurai rambut. Kebiasaan ini mampu mengurangi kerontokan yang terjadi pada rambut. Kebiasaan ini harus Anda lakukan saat tidur karena tidur dengan rambut dikuncir bisa menyebabkan masalah lain pada rambut.

2. Menunggu Rambut Kering

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan menyisir rambut karena memang rambut harus disisir agar tidak kusut. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan kondisi rambut sebelum mengyisirnya. Banyak dari kita yang mungkin langsung menyisir rambut setelah keramas, padahal cara ini bisa memperparah kerontokan rambut.

Setelah keramas, jangan langsung menyisir rambut, tapi tunggu rambut agar kering terlebih dahulu. Baru kemudian, Anda bisa menyisirnya dengan sisir yang biasa gunakan. Namun, jika Anda tidak sabar untuk menyisirnya, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurangi terjadi kerontokan pada rambut akibat rambut yang patah. .

3. Keringkan Rambut dengan Tepat

Perawatan rambut rontok selanjutnya adalah mengeringkan rambut yang basah dengan benar. Kita mungkin masih sering menggosok rambut basah menggunakan handuk untuk mengeringkannya. Teryata, cara ini ini justru bisa merusak rambut, memperparah kerontokan karena batang rambut yang rusak.

Untuk mengeringkannya, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan hairdryer karena juga bisa memperparah kerusakan pada rambut. Oleh karena itu, usapkan rambut secara perlahan pada rambut yang masih basah atau gunakan handuk untuk membungkus rambut dan membiarkannya hingga kering dengan sendirinya.

4. Mandi dengan Air Dingin

Beberapa dari kita mungkin senang menggunakan air hangat untuk mandi, terlebih saat udara dingin. Tidak masalah sebenarnya jika air tersebut digunakan untuk mandi, hanya saja hindari penggunaan air hangat untuk keramas karena bisa menghilangkan minyak alami pada rambut dan juga membuat rambut kehilangan kelembapannya.

Selain itu, menggunakan air hangat untuk keramas bisa menyebabkan rambut mudah lepek dan kering sehingga ada baiknya jika Anda menggunakan air dengan suhu di bawah suhu badan agar tidak merusak rambut. Anda bisa menggunakan air dingin atau suhu ruangan untuk keramas dan membersihkan rambut dengan lebih aman.

5. Memijat Kulit Kepala

Cara termudah yang biasa dilupakan oleh banyak orang adalah memijat kulit kepala. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai kebiasaan ketika keramas karena bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih tebal dan menghentikan penipisan rambut melalui aliran darah yang semakin lancar dengan pemijatan tersebut.

Saat keramas, tambahkan sedikit pijatan lembut pada kepala hingga Anda merasa nyaman. Cara ini bukan saja membantu penyerapan bahan shampo secara lebih sempurna, tapi juga bisa mengatasi rambut rontok dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit yang menjadi penyebab penipisan pada rambut.

Demikian informasi mengenai perawatan rambut rontok yang bisa dilakukan dengan kebiasaan sepele ini. Meskipun terkesan sepele, kebiasaan ini bisa menjadi cara untuk mengurangi kerontokan rambut. Jangan ragu untuk melakukan perawatan tambahan menggunakan bahan-bahan alami yang mampu memperkuat akar rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *