Tips Pintar Memilih Kitchen Set Sesuai dengan Tipe Dapur

Mecialis – Memiliki dapur yang nyaman dan menawan tentunya jadi dambaan setiap orang. Hal ini tentu tak terlepas dari ruang dapur yang lega dan perabotan yang ditata dengan rapi. Jika desainnya rapi maka aktivitas memasak akan lebih menyenangkan. Namun hal pemilihan kitchen set yang tepat sesuai dengan tipe dapur menjadi faktor pendukung. Berikut tips memilihnya.

kitchen set

Dapur TipeĀ  Linear

Jenis yang satu ini lebih dikenal dengan tipe sayu garis atau single line yang bisa diterapkan pada area dapur yang memanjang. Salah satu kelebihan tipe yang satu ini yakni bentuknya yang lebih hemat sehingga tak membutuhkan banyak tempat. Nah agar aktivitas memasak dapat berjalan maksimal, pastikan untuk memilih lebar counter yang tidak kurang dari 60 cm.

Namun konsekuensi yang perlu Anda ambil jika memilih tipe yang satu ini adalah tidak banyaknya aktivitas memasak menggunakan peralatan yang kompleks. Terlebih lagi jika ruang dapur Anda tidak terlalu besar yang akan membuat ruang gerak menjadi terbatas.

Dapur TipeĀ  Linear 2 Sisi

Tipe yang satu ini hampir sama dengan tipe linear. Hanya saja tatanan meja saling berhadapan sebagai tempat penyimpanan makanan sehingga bentuknya menyerupai koridor. Jika Anda hendak memilih tipe yang satu ini, pastikan diskusikan dengan jasa pembuatan kitchen set agar area kerja tidak terlalu sempit. Idealnya adalah 120 cm x 60 cm.

Tipe yang satu ini terbilang cukup efisien jika diterapkan pada apartemen. Bahkan area penyimpanan yang terletak di seberang area memasak dapat dimanfaatkan untuk tempat tunggu ketika masakan tiba dengan tambahan beberapa kursi. Tipe dapur yang satu ini lebih cocok digunakan pada ruangan yang berbentuk persegi panjang.

Dapur Tipe Letter L

Tipe dapur yang satu ini biasanya digunakan untuk memanfaatkan sisi pojok sebuah hunian. Tipe ini juga terbilang cukup fungsional karena memanfaatkan ruangan secara maksimal. Terlebih lagi bagi Anda yang menyukai kegiatan memasak secara kompleks lebih tepat menggunakan tipe ini untuk memudahkan kegiatan Anda.

Bagi Anda yang ingin membuat dapur tipe ini dengan bantuan jasa pembuatan kitchen set, pastikan area kerja yang dibuat minimal 120 cm agar kegiatan memasak Anda tidak terganggu. Sedangkan untuk bagian sisi kiri bisa Anda gunakan untuk area cuci dan bagian kanan digunakan sebagai peletakan kompor. Tipe ini cocok digunakan pada rumah berbentuk persegi.

Dapur Tipe Letter U

Tipe ini pada umumnya digunakan pada ruangan dapur yang cukup lebar. Sebab dengan bentuk U maka area penyimpanan juga akan menjadi lebih banyak. Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah jarak. Jangan terlalu lebar sehingga akan membuat kegiatan memasak jadi kurang efektif.

Pada umumnya jarak area sirkulasi yang ideal untuk tipe ini minimal 120 cm dengan lebar meja kerja minimal 60 cm. Selain itu penting untuk meletakan area cuci piring pada ujung meja agar peralatan dapur dapat menjadi satu deret.

Dapur Tipe Meja Island

Dapur tipe ini merupakan salah satu tipe yang paling banyak diminati. Sebab letaknya yang menjadi fokus di tengah ruangan. Tipe ini lebih cocok digunakan bagi Anda yang butuh tempat penyimpanan banyak. Meski demikian juga diperlukan ruang dapur yang luas untuk penempatan meja yang satu ini.

Nah itulah beberapa tipe kitchen set yang dapat diterapkan pada hunian Anda agar kegiatan memasak dapat berjalan lebih praktis dan efisien. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan untuk perhatikan luas ruang dapur Anda. Jadi tipe mana nih yang paling cocok dengan dapur Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *